Festival Talago Kamba II Berlangsung Meriah

  • Nagari Tabek Patah
  • Jul 05, 2023

Tabek Patah, 04 Juli 2023 - Diawali dengan arak-arakan pawai budaya manjapuik laki yang merupakan salah satu budaya adat salingka nagari masyarakat Tabek Patah dan penampilan tari massal yang sangat epik yang diberi nama tari "Batobu" serta pembukaan dengan resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gendang tambua oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM. pada hari Sabtu (1/7/2023).

Bupati Eka Putra dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengakui keindahan objek wisata Batu Badindiang memang sangat luar biasa bak sebuah permadani yang membentang diatas kayangan dengan view 360 derjat.

"Ini sangat indah, dari sini kita bisa melihat jelas gunung Marapi yang berdiri menjulang ada disebelah kita berdiri, dikejauhan juga terlihat jelas berdiri gunung Sago yang berdiri kokoh menjaga perbatasan antara Tanah Datar dan Lima Puluh Kota. Dari sini kita juga bisa melihat dengan jelas tiga luhak sekaligus yakni Luhak Nan Tuo, Luhak Agam dan Luhak Limopuluah Kota," ujar Bupati Eka Putra terpukau dengan pemandangan yang dilihatnya.

Hari pertama festival angin cukup kencang tapi cuaca masih dibilang bersahabat walau disawer gerimis tipis-tipis. Terlihat banyaknya pengunjung yang datang baik dari dalam maupun luar daerah. Acara dilanjutkan pada hari kedua, Minggu 2 Juli 2023 diisi dengan Lomba Tari Piring Kreasi yang benar benar "Pecah", diikuti oleh 18 penampil. Sorak sorai penonton bertebaran dimana-mana menyaksikan pertunjukan tari diatas panggung megah yang dibalut dengan pemandangan indah bersamudera awan.

Di hari penutupan, M. Arifin selaku ketua pelaksana event merasa sangat senang dengan capaian event Talago Kamba Festival tahun ini. Bagaimana tidak, acara yang bermodalkan lebih kurang Rp150 Juta ditambah swadaya masyarakat kenagarian Tabek Patah ini  berhasil membuka peluang baru bagi UMKM, Pelaku Wisata, dan Masyarakat sekitar. Diharapkan kedepannya setelah reopenisasi Panorama Batu Badindiang ini, POKDARWIS, Pemerintahan Nagari dan Masyarakat lainnya bahu-membahu menciptakan Nagari "Desa Wisata Idaman" yang disukai banyak orang.

 

Penulis : Hanifan Purnama & PPID Nagari Tabek Patah