MUSNA Nagari Tabek Patah Tahun 2023 Berlangsung Interaktif dan Kooperatif

  • Nagari Tabek Patah
  • Aug 04, 2023
Straight News Report

Tabek Patah, 2 Agustus 2023 - Musyawarah Nagari (MUSNA) merupakan tahapan dari agenda Pemerintah Nagari Tabek Patah dalam penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan di Nagari Tabek Patah untuk tahun 2024 nanti.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak lebih kurang 130 orang tamu undangan, terdiri dari Tim Rencana Kegiatan Pembangunan Kabupaten yang diketuai oleh Staf Ahli Bupati, Drs. Erizanur, M.Si,. OPD terkait, FORKOPIMCA Kecamatan Salimpaung, Pemerintah Nagari, KAN, BPRN, Lembaga Unsur di Nagari, dan Tokoh Masyarakat Nagari Tabek Patah. Dibuka langsung oleh M. Taufik, S.HI selaku Ketua BPRN Tabek Patah, dalam sambutannya Ia menyebutkan fokus kegiatan pada MUSNA ini ialah menampung usulan menetapkan rencana pembangunan prioritas (RKP) di Nagari Tabek Patah tahun 2023 dan DU-RKP untuk tahun 2025 nanti. Kemudian Camat Salimpaung, Khairunnas Y, S.STP., MM. dalam sambutannya menegaskan agar nantinya masyarakat lebih bijaksana dalam menggodok program utama pembangunan Nagari Tabek Patah di tahun selanjutnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Tanah Datar, Drs. Erizanur, M.Si.

"Pembangunan Sarana Prasarana di Nagari Tabek Patah sudah cukup merata di tiap jorong, hanyasaja ada masih butuh kesadaran kita bersama untuk merawat apa yang sudah ada, dan memikirkan apa yang diprioritaskan dalam pembangunan selanjutnya."  Demikian tambahan sambutan dari Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, NZ Dt. Indomarajo Nan Bapayuang Ameh.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab masyarakat kepada dinas terkait yang dimoderatori oleh Camat Salimpaung. Sesi ini menjadi wadah aspirasi bagi masyarakat  dengan OPD terkait terhadap berbagai permasalahan di Nagari Tabek Patah. Sesi ini menjadi menarik karena disamping dipandu oleh Camat selaku Moderator yang aktif, Narasumber yang menjawab pertanyaan dengan jelas dan tepat,  juga dibumbui dengan candaan, ice breaker yang memecah suasana. Santai namun tetap bergizi.

"Biasanya dengan acara serupa di daerah lain, masyarakat sudah pada ribut, gelisah dan keluar ruangan, sementara di Aula ini meskipun sempit masyarakat tetap nyaman duduk dengan seksama." Apresiasi dari Camat Salimpaung.

Setelah istirahat, agenda selanjutnya yakni Pemerintah Nagari, KAN, BPRN, dan Masyarakat duduk perkelompok memusyawarahkan dan membahas RKP dan DU-RKP. Terdapat 6 bidang yang dibahas, yakni Bidang Pembangunan Fisik & Prasarana, Bidang Pemberdayaan & Pembinaan Masyarakat, Bidang Sosial Budaya, Bidang Sosial Ekonomi , Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari, dan Bidang Penanggulangan Bencana & Kegiatan Mendesak.