Persiapan Pelaksanaan satu Nagari satu Event

  • Nagari Tabek Patah
  • Jan 30, 2023

Pasca pandemi COVID-19, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus menjadi perhatian dan segera dibangkitkan, karena sektor pariwisata diyakini akan lebih cepat meningkatkan kembali perekonomian masyarakat. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mendorong setiap nagari di daerah itu menciptakan satu event satu nagari guna menunjang kepariwisataan, salah satunya yaitu nagari tabek patah.

Untuk membangkitkan kembali sektor itu seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata harus melakukan perubahan dan perbaikan mendasar sebagai upaya untuk bangkit menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19.

Sebagai Nagari binaan IPDN Nagari Tabek Patah akan dijadikan Pilot Proyek dalam pengembangan Nagari Wisata di Sumatera Barat. Menindaklanjuti hal tersebut Pada tanggal 14 Oktober 2021 dilakukan musyawarah nagari menyamakan persepsi dalam rangka mewujudkan nagari tabek menjadi nagari wisata. Sementara itu dukungan juga diberikan oleh Dinas se kabupaten tanah datar untuk menjadikan Tabek Patah sebagai Nagari Wisata dengan menetapkan Nagari Tabek Patah sebagai salah satu Nagari Wisata  dari 16 Nagari Wisata di Kabupaten Tanah Datar. dalam sambutannya Wali Nagari menyambut baik dengan terpilihnya Nagari Tabek Patah sebagai nagari wisata yang dihadiri oleh seluruh kepala dinas se- kabupaten tanah datar, Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt.Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh, Direktur IPDN Baso, Camat Salimpaung Herru Rachman, S.STP, MM, BPRN, KAN, lembaga unsur, Tokoh Masyarakat dan Seluruh Perangkat Nagari Tabek Patah.

Tabek  Patah dikenal Nagari yang mempunyai banyaknya potensi wisata yang dapat dikembangkan diantaranya Panorama Batua Badindiang, Panorama Benteng Tabek Patah, Talago Pakih dan Aia Taganang serta beberapa situs sejarah dan kesenian anak nagari. Camat Salimpaung Herru Rachman,S.STP, MM mengharapkan dukungan penuh masyarakat dan optimis Nagari Tabek Patah dapat berkembang pesat dengan Dukungan Penuh dari Anggota DPRD bersama tokoh masyarakat dan perantau.