Pelayanan Informasi Publik

Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mengamanatkan, setiap Badan Publik Pemerintah maupun Badan Publik Non Pemerintah mempunyai kewajiban untuk menyediakan Informasi Publik yang berada di bawah kewenangannya kepada masyarakat dengan cepat, aktual, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana.

Sisi lain Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, menuntut kinerja Badan Publik yang transparan, efektif, efesien dan akuntabel. Oleh karena itu pelayanan informasi publik harus mendapat perhatian yang serius sebagai Badan Publik penyedia informasi, dengan meningkatkan pengelolaan informasi yang berkualitas serta memberikan pelayanan dan menyediakan informasi publik yang mudah diakses oleh masyarakat.

Untuk tujuan inilah setiap Badan Publik wajib menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang tugas pokok dan fungsinya adalah bertanggungjawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi.

Nagari Tabek Patah selaku Badan Publik Pemerintah turut ikut serta dalam pelayanan informasi publik yang dikelola oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). 

Visi & Misi PPID Nagari Tabek Patah

Visi  : Terbentuknya konektivitas yang baik antara Masyarakat dengan Pemerintah Nagari melalui keterbukaan informasi publik yang prima

Misi  :

  1. Menjamin akses informasi publik sesuai Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
  2. Mewujudkan Pelayanan yang Optimal di Pemerintahan Nagari Tabek Patah
  3. Meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan Informasi Publik
  4. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan Informasi Publik

Tugas PPID Tabek Patah 

  1. Pengklasifikasian informasi yang terdiri dari :
    • Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
    • Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta;
    • Informasi yang wajib tersedia setiap saat;
    • Informasi yang dikecualikan.
  2. Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi yang ada dilingkungannnya;
  3. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi yang ada dilingkungannya kepada publik;
  4. Melakukan verifikasi bahan informasi publik yang ada di lingkungannya;
  5. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi yang ada dilingkungannya;
  6. Menyediakana informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya untuk akses oleh masyarakat;
  7. Melakukan inventerisasi informasi yang dikecualikan untuk disampaikan kepada PPID Utama;
  8. Memberikan laporan tentang pengelolaan informasi yang ada di lingkungannya kepada PPID Utama secara berkala

Struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Nagari Tabek Patah

 

NAMA

 

JABATAN

H. Krisman Dt. Rajo Nan Kayo

:

Pembina PPID

Desi Indrayana, S.Sos

:

Ketua PPID

Ns. Maradona, S.Kep

:

Pengelolaan Informasi

Randi Septa Rusadi, SE

:

Koor. Bidang Pengolahan Informasi

Sarifah, S.Pd

:

Koor. Bidang Dokumentasi dan Arsip

Amelia Roza

:

Koor. Bidang Pelayanan Informasi

Nila Kusuma, S.Pd

:

Koor. Bidang Fasilitas Sengketa Informasi

Revita Desra, S.Pd

:

Koor. Klasifikasi Informasi

Agustin Herlina, S.Pd

:

Anggota Bidang Pelayanan Informasi

Yulia Susanti, SE

:

Admin PPID